100 Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Anda Kunjungi


Jogja memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan tersebar di berbagai penjuru. Maka wajar jika Jogja menjadi tempat favorit bagi wisatawan baik lokal maupun internasional untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Tidak hanya di kota Jogja saja, Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki berbagai mutiara tersembunyi di daerah-daerah seperti Kulon Progo, Gunung Kidul dan Bantul.
 


Nah salah satu daerah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak destinasi wisata adalah Kabupaten Bantul. Berikut ini adalah daftar tempat-tempat wisata di kabupaten bantul sebagaimana yang dilansir oleh www.tempatwisatajogja.net :

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah obyek wisata utama di kawasan Pantai Selatan dengan pantai yang landai, hamparan pasir yang luas, pemandangan laut yang terbuka serta pemandangan bukit kapur di sebelah utara. Wisatawan bisa menyusurinya dengan bendi yang siap melayani dari mulai pantai Parangendog, pantai Parangtritis sampai pantai Parangkusumo. Pantai ini terkenal akan keindahannya serta memiliki beberpa peninggalan sejarah. Nama Parangtritis berasal dari kata “parang” yang artinya batu dan “tritis” yang artinya tetesan air.

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo terletak di sebelah barat pantai Parangtritis dan satu kesatuan dengan petilasan Parangkusumo, tempat ini dianggap tempat bersejarah oleh sebagian besar masyarakat Yogyakarta, khususnya dikaitkan dengan legenda Pantai Selatan.

Pantai Parangendog

Pantai Parangendog termasuk di kawasan pantai Parangtritis, dan merupakan pantai paling timur dari deretan Pantai Selatan di wilayah Kabupaten Bantul.

Pemandian Parangtritis

Menurut legenda, pemandian ini bermula ketika seorang ulama bernama Syech Maulana Maghribi berusaha menemukan air untuk berwudlu sebelum sembahyang. Karena sulit menemukannya, beliau lalu menancapkan walesan (alat pancing) kedalam tanah. Kemudian menyemburkan air hingga mengenai wajahnya. Tempat ini terletak di desa Parangtritis.

Pemandian Parangwedang

Pemandian Parangwedang adalah tempat pemandian air hangat yang mengandung mineral seluas 1140 m2 . fasilitas yang tersedia yaitu kolam penampungan airi hangat sukuran 9m x 8m kamar mandi air hangat 6 buah dan kamar mandi air tawar 6 buah.

Makam Syech Bela-Belu

Syech Bela-Belu adalah bangsawan dari Kerajaan Majapahit yang giat menyebarkan agama Islam. Sebagai seorang ulama dia sering berpindah-pindah dari daerah satu ke daerah lainnya di Pulau Jawa. Ketika sampai di Parangtritis, beliau memutuskan untuk menetap sampai akhir hayatnya dan dimakamkan di atas bukit oleh pengikutnya. Untuk mencapai makam ini, pengunjung harus melewati tangga batu dengan ketinggian 226 m. Setiap malam Selasa dan Jumat Kliwon serta 1 Syuro banyak peziarah yang berkunjung ke makam ini.

Makam Syech Maulana

Maghribi Syech Maulana Maghribi adalah pedagang dari negeri Arab yang giat menyebarkan agama Islam ke setiap tempat yang beliau singgahi termasuk desa Parangtritis. Sampai akhir hayatnya dia menetap di desa Parangtritis dan dimakamkan di atas bukit yang terlatak di Mancingan, desa Parangtritis, setiap malam Selasa dan Jumat Kliwon serta 1 Syuro banyak peziarah yang berkunjung ke makam ini.

Makam Ki Ageng Selohening

Makam Ki Ageng Selohening terletak di atas Bukit Mancingan, Desa Parangtritis. Makam ini mulai dikeramatkan orang sejak tahun 1927, sedangkan cungkupnya dibangun pada tangal 31 oktober 1961. Setiap malam Selasa dan Jumat Kliwon serta 1 Syuro banyak peziarah yang berkunjung ke makam ini.


TPI Depok (Pengkol)

TPI Depok (Pengkol) merupakan tempat pelelangan ikan terletak di sebelah barat pantai Parangkusumo, bagi wisatawan yang ingin berbelanja ikan segar dapat mendapatkannya disini.
Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangtritis merupakan sebuah warisan dunia (World Heritage) sebagai bentukan endapan pasir yang mencapai ketinggian 20 dpl. Di dunia hanya ada 4 negara salah satunya di Indonesia yaitu di Parangtritis. Selain sebagai laboratorium alam untuk berbagai cabang ilmu kebumian, fenomena alam Gumuk Pasir membentuk ekosistem tersendiri.

Pantai Samas

Pantai Samas terkenal memiliki ombak yang sangat besar dan terdapat delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Telaga-telaga tersebut digunakan untuk mengembangkan perikanan penyu dan udah galah serta berbagai lokasi pemancingan. Di sebelah baratnya terdapat Pantai Ptehan dengan panoramanya yang sangat indah.

Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo terletak bersebelahan dengan muara sungai Progo. Merupakan pantai paling barat dari deretan pantai selatan yang terdapat di Kabupaten Bantul. Deburan ombak yang besar, suasan yang mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang kramat. Hiruk-pikuk nelayan yang melawan ganasnya ombak merupkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, selain panorama pantai, Pantai Pandansimo juga terdapat obyek wisata ziarah dan tradisi, yaitu petilasan pandansimo, pandansari dan pandanpayung. Nam Pandansimo berasal dari kata “pandan” (pohon pandan) dan “simo” (macan).

Goa Cerme

Goa Cerme merupakan goa yang masih alami dengan panjang sekitar 1300 m dan berkahir pada sebuah sendang yang berada di wilayah Panggang Guning Kidul. Keindahan stalagtit dan stalagmite serta keberadaan sungai bawah tanah merupakan daya tarik keindahan tersendiri berada di dataran tinggi sehingga pengunjung dapat sekaligus menikmati panorama keindahan kota Jogjakarta. Nama Goa Cermai sendiri berasal dari kata cermin yang berarti tempat berkaca (instropeksi diri). Goa ini terdiri dari Goa Slamet sebagai intinya dan goa-goa pendek yaitu Goa Kaum, Goa Dalang, Goa Ledek, Goa Badut dan Goa Malin.

Goa Selarong

Kawasan obyek wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Cocok digunakan sebagai bumi perkemahan. Kawasan Goa Selarong ini dulu dikenal sebagai penghasil jambu biji yang beraroma khas. Sekarang di kembangkan untuk penanaman pohon klengkeng yang diarahkan sebgai kawasan agrowisata. Selain itu pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan dan kerajinan kayu seperti patung, topeng dll. Goa Selarong sendiri dahulu merupakan markas Pangeran Diponegoro pada waktu berperang melawan Belanda tahun 1825- 1830.

Goa Jepang

Goa Jepang merupakan bunker pertahanan peninggalan tentara Jepang pada waktu Perang Dunia II tahun 1942-1945 yang berfungsi sebgai basis pertahanan dan pengintaian. Di dalamnya terdapat 1 dapur, 1 bunker dan 14 goa pengintaian, selain itu terdapat Foa Naga BUmi yang memiliki jalan tembus ke Pantai Parangtritis. Letaknya diatas perbukitan selatan tepatnya di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul.

Goa Gajah

Goa Gajah adalah goa dengan cirri khas memiliki gumpalan batu yang berbentuk menyerupai gajah. Stalagtit dan stalgnit yang ada didalamnya didukung oleh panorama indah di sekitar goa. Terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo.

Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon merupakan obyek wisata budaya dan pendidikan.Museum ini menyimpan berbagai macam wayang baik yang berasal dari Yogyakarta, Bali, Surakarta dan lain-lain. Museum ini dibangun dengan arsitektur khas Jawa dan terdapat tanaman-tanaman langka di kebunnya. Terletak di Jalan Raya Yogyakarta- Wonosari Km 7.

Makam Raja-Raja Imogiri

Terletak di Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul 17 Km sebelah selatan kota Yogyakarta,kompleks makam raja-raja Mataram ini dibangun oleh Sultan Agung Haryokrokusumo, salah satu raja terbesar dari Dinasti Mataram yang berkuasa dari tahun 1613-1645. Makam ini dibagi menjadi dua bagian, terdiri dari makam Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Untuk menuju komplek makam, pengunjung harus melalui tangga berundak sebanyak 345 tangga dan harus berpakaian tradisional Jawa. Pada hari jumat kliwon bulan Suro diadakan upacara Nawu Kong (Nguras Kong). Di kawasan ini juga terdapat makam seniman dan budayawan yaitu disebelah barat makam raja- raja.

Kids Fun Recreation Park

Kids Fun Recreation Park Berlokasi di Jalan Wonosari Km 10 Piyungan Bantul, yang dikelola oleh PT. Produk Rekreasi Yogyakarta. Terdapat macam permainan anak yang ditawarkan sebagai hiburan rekreatif bagi anak dan keluarga. Taman ini juga dilengkapi dengan souvenir shop, bus kids fun untuk pengunjung kafe, panggung pertunjukan dan lain-lain.

Candi Hati Kudus Tuhan Yesus

Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Terletak di dusun Ganjuran Kecamatan Bambanglipuro Bantul. Di bangun tanggal 12 April 1924 berupa rumah peribadatan yang bergaya arsitektur jawa-hindu. Arca Hati Kudus merupakan perlambang dari Kristus raja ditatahkan didalamnya yang melambangkan keadilan dan perdamaian tuhan yang merajai bumi. Pada bulan tertentu umat katolik dari berbagai penjuru tanah air, bahkan dari luar negri mengadakan peribadatan bersama. Pengunjung diminta untuk menjaga ketenangan karena candi ni sebenarnya merupakan tempat ibadah.